August 18, 2022 By divepowellriver.com 0

Ulasan ASUS VP249QGR: Monitor Gaming IPS 1080p 144Hz

ASUS VP249QGR adalah monitor gaming 24″ 1080p 144Hz lainnya berdasarkan panel IPS PANDA. Ini adalah model yang paling murah, tetapi karena itu, ia berhemat pada fitur-fitur tertentu seperti keserbagunaan desain.

Namun, performa dan kualitas gambarnya setara dengan (atau bahkan lebih baik) alternatif tertentu yang lebih mahal! Secara keseluruhan, ini adalah monitor gaming murah yang luar biasa, untuk informasi monitor gaming canggih di tingkatkan permainan anda dengan huawei mateview gt.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel IPS 23,8″ oleh PANDA, monitor ASUS VP249QGR menawarkan sudut pandang lebar 178°, kecerahan puncak 250-nits, dukungan kedalaman warna 8-bit, dan rasio kontras statis 1.000:1.

Spesifikasi ini cukup standar untuk monitor gaming di kisaran harga ini.

Tapi tunggu, izinkan kami memberi tahu Anda sesuatu, kecerahan puncak 250-nit mungkin tampak rendah di atas kertas, tetapi dalam kondisi tampilan normal, layar akan lebih dari cukup terang. Bahkan, kemungkinan besar Anda ingin menurunkan kecerahan dari pengaturan maksimum.

Secara alami, monitor panel VA pada kisaran harga ini memiliki rasio kontras yang lebih tinggi (~3.000: 1), sehingga warna hitam tidak akan sedalam ASUS VP249QGR, tetapi teknologi IPS memiliki manfaat lain termasuk reproduksi warna yang lebih hidup, sudut pandang yang lebih luas. dan biasanya waktu respons piksel lebih cepat,  jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Fitur

Selain itu, Gaming Monitors memiliki gamut warna 72% NTSC, yang setara dengan ~99% ukuran gamut sRGB. Dengan kata lain, warnanya akurat, konsisten, dan jelas.

Inilah keunggulannya: resolusi 1080p terlihat jernih dan tajam pada layar ASUS VP249QGR berukuran 23,8″ yang dapat dilihat. Anda mendapatkan kerapatan piksel yang layak sementara resolusinya tidak terlalu menuntut, memungkinkan Anda mempertahankan frekuensi gambar yang tinggi bahkan dengan GPU gaming tingkat pemula dengan mudah.

Terakhir, monitor memiliki lampu latar bebas kedip dan filter cahaya biru rendah terintegrasi dengan empat tingkat pengurangan yang berbeda, yang dapat mencegah sakit kepala dan ketegangan mata yang disebabkan oleh penggunaan monitor dalam waktu lama.

Pertunjukan

Input lag adalah waktu yang dibutuhkan monitor untuk bereaksi dan menampilkan perintah Anda. Input lag ASUS VP249QGR mencapai ~4ms pada 144Hz, artinya Anda tidak akan dapat melihat penundaan apa pun.

Kepatan waktu respons adalah waktu yang dibutuhkan piksel untuk berubah dari satu warna ke warna lain. Sekarang, ASUS menetapkan kecepatan waktu respons piksel 4 ms (GtG – transisi piksel abu-abu ke abu-abu), tetapi ini bukan waktu respons rata-rata yang sebenarnya.

Jadi, dalam video game yang bergerak cepat, Anda akan dapat melihat sedikit gerakan kabur dan tertinggal di belakang objek yang bergerak cepat. Jumlah ghosting yang terlihat benar-benar dapat ditoleransi, dan noda hitam hampir tidak sebanyak yang ada pada monitor panel VA tertentu.

Namun, ada monitor IPS yang lebih cepat di luar sana, tetapi harganya lebih mahal.

Umumnya, ASUS VP249QGR cukup cepat untuk permainan kompetitif, tetapi jika Anda benar-benar sensitif terhadap blur dan tidak mampu membeli model IPS yang lebih mahal, Anda mungkin ingin mempertimbangkan alternatif panel TN. Ingatlah bahwa panel TN tidak memiliki warna dan sudut pandang yang hampir sama bagusnya dengan IPS.

Dan kabar baiknya? Monitor mendukung AMD FreeSync melalui DisplayPort dan HDMI dengan rentang kecepatan refresh variabel (VRR) 48-144Hz. Teknologi ini memungkinkan monitor untuk menyinkronkan kecepatan refreshnya dengan kecepatan bingkai GPU, yang akan menghilangkan robekan layar dan stuttering dengan penalti lag input minimal (~1ms).

Meskipun ASUS VP249QGR tidak disertifikasi sebagai G-SYNC yang kompatibel oleh NVIDIA, VRR bekerja tanpa masalah saat digunakan dengan GPU NVIDIA yang kompatibel (seri GTX 10 atau yang lebih baru).

Atau, Anda dapat menggunakan teknologi ELMB (Extreme Low Motion Blur).

Saat diaktifkan, ELMB menyalakan lampu latar monitor, yang mengurangi bayangan bayangan dan memberikan kejernihan gerakan yang lebih halus. Namun, ELMB tidak dapat digunakan bersamaan dengan FreeSync.

Selain itu, ini akan mengurangi kecerahan maksimum monitor saat aktif, jadi gunakan hanya saat bermain video game cepat (jika Anda lebih menyukainya daripada FreeSync/G-SYNC).

Fitur

Ada dua tombol pintasan, satu tombol daya dan empat tombol pintas di bezel bawah di sisi kanan monitor, yang dapat Anda gunakan untuk menavigasi menu OSD (On-Screen Display) layar.

Sekarang, fitur yang berguna termasuk preset gambar yang telah dikalibrasi sebelumnya, overlay crosshair yang dapat disesuaikan, pengatur waktu di layar, penghitung FPS, dan Shadow Boost, yang meningkatkan visibilitas objek dalam bayangan.

Selain itu, Anda juga akan menemukan alat penyesuaian gambar standar seperti kecerahan, kontras, suhu warna serta pengaturan saturasi dan ketajaman, tetapi tidak ada preset gamma yang tersedia.

Untuk kualitas gambar yang optimal, pastikan opsi VividPixel dan ASCR dinonaktifkan.

Fitur Trace Free menyesuaikan overdrive waktu respons piksel monitor dari 0 hingga 100 dengan kelipatan 20. Kami menyarankan untuk menyetelnya ke ’60’ sebagai ’80’ dan ‘100’ memperkenalkan overshoot piksel (ghosting terbalik).

Desain & Konektivitas

ASUS VP249QGR memiliki dudukan yang hanya dapat dimiringkan, tetapi Anda dapat dengan mudah melepasnya dan memasang layar pada dudukan pihak ketiga melalui pola VESA 100x100mm.

Pilihan konektivitas termasuk HDMI 1.4, DisplayPort 1.2, VGA dan jack audio untuk dual speaker terintegrasi 2W. Baik input HDMI dan DisplayPort mendukung 144Hz pada 1080p serta FreeSync.

Dengan kartu NVIDIA, FreeSync hanya didukung melalui DisplayPort.