January 14, 2022 By divepowellriver.com 0

Yuk Cari Tahu Apa Itu STR!

Yuk Cari Tahu Apa Itu STR!

Sebagai seorang tenaga kesehatan salah satunya sebagai pakar kesehatan masyarakat, STR merupakan hal yang wajib dimiliki sehingga bisa diakui sebagai tenaga kesehatan yang berkompeten. Anda tentu bertanya-bertanya “Apa itu STR? Bagaimana cara memperolehnya? Seberapa penting STR bagi tenaga kesehatan?” Nah, seandainya Anda seorang tenaga kesehatan atau calon tenaga kesehatan, benar-benar penting untuk jelas pentingnya STR didalam menjalankan praktek atau pekerjaan keprofesiaan Anda Cek STR Online .

STR (Surat Tanda Registrasi) adalah bukti tertera yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang udah diregistrasi. STR bisa diajukan seandainya tenaga kesehatan udah miliki sertifikat kompetensi yang diperoleh sesudah dinyatakan lulus uji kompetensi. Dalam dunia kerja, STR merupakan syarat yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan SIP (Surat Izin Praktik) atau SIK (Surat Izin Kerja). Masa berlaku STR adalah sepanjang 5 th. dan bisa diperpanjang tiap-tiap 5 tahun. STR diakui udah tidak berlaku seandainya era berlaku habis, dicabut atas dasar keputusan perundang-undangan, atas permohonan yang bersangkutan, atau yang perihal meninggal dunia. Selama STR berlaku tenaga kesehatan wajib memenuhi sebanyak 25 SKP (Satuan Kredit Profesi). Adapun pemenuhan SKP tersebut merupakan syarat untuk memperpanjang era berlaku STR.

Surat sinyal registrasi ini dikeluarkan oleh MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia). MTKI adalah lembaga yang menanggung kualitas tenaga kesehatan didalam memberi tambahan pelayanan kesehatan. Salah satu peran MTKI adalah menerbitkan Surat Tanda Registrasi (STR). Sedangkan pengumpulan berkas fisik nakes sebelum saat dikirimkan ke MTKI ditunaikan oleh MTKP (Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi) tiap provinsi.

Pengajuan STR bisa ditunaikan kepada MTKI lewat MTKP baik secara individu atau secara kolektif (bagi tenaga kesehatan yang baru lulus uji kompetensi) oleh perguruan tinggi bersangkutan. Saat ini tidak cuman manual, registrasi STR udah bisa ditunaikan secara online, dengan difasilitasi Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) sejak 1 Maret 2016. Hal ini ditunaikan sehingga pengajuan STR bisa lebih gampang dan cepat. Registrasi online ini bisa ditunaikan lewat situs http://mtki.kemkes.go.id/

Setelah masuk ke situs tersebut, jika Anda belum miliki STR, klik icon “Registrasi”, request PIN dengan mengklik “Saya Belum Memiliki PIN”, kemudian kembali ke “Registrasi” dengan isi e-mail dan PIN yang didapat, isi dan lengkapi information pribadi dengan teliti dan lengkap, lengkapi information pembayaran (Peserta didik yang udah lulus uji kompetensi membayar ongkos PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) STR sebesar Rp.100.000,- ke Bank BRI No. Rek: 0193.01001868.30.7 a.n BPn182 Pusat Peningkatan Mutu SDM Kes.), peserta didik mengupload foto berlatar merah (pastikan tidak melebihi 500kb), mencetak formulir, peserta didik menyerahkan berkas lewat institusi pendidikan, baik lewat pos atau langsung ke MTKP bersangkutan, MTKP melaksanakan rekapitulasi dan mengirimkan information permohonan STR ke MTKI, sesudah itu MTKI melaksanakan validasi / verifikasi, seandainya tersedia kesalahan dapat dikembalikan ke MTKP untuk diperbaiki. Semakin cepat berkas diterima oleh MTKP, Semakin cepat STR diterbitkan oleh MTKI. Untuk melihat progress STR yang udah diproses bisa ditunaikan lewat menu “Cek Status” terhadap situs mtki.kemkes.go.id

Berkas-berkas yang wajib ditambah diantaranya : Lembar cheklist dan Formulir pendaftaran registrasi, Foto 4×6 background merah, Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Fotocopy Ijazah (dilegalisir), Surat Keterangan Sehat berasal dari dokter yang udah miliki SIP, Fotocopy Sertifikat Kompetensi bagi yang udah melaksanakan uji kompetensi (Bidan, Perawat, Ners, dan Kesmas)*untuk Registrasi baru, Surat panduan kecukupan SKP berasal dari Organisasi Profesi*untuk Reregistrasi/Perpanjangan STR, serta Bukti Pembayaran (PNBP) berasal dari bank sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah). Berkas-berkas tersebut dimasukan ke didalam amplop yang kemudian diantar menuju MTKP bersangkutan.